Kamis, 17 Mei 2012

Blueberry Cheesecake *my first try*

Maksud hati browsing mau cari-cari resep kue kering yang yummy - kan bentar lagi lebaran siap-siap dari sekarang siapa tau bisa jualan lagi - tapi begitu nyangkut disalah satu web http://www.cakefever.com ko ada resep blueberry cheese cake yang keliatannya ga seberapa ribet dan hebatnya lagi mba Ferona si pemilik web ini rajin banget ngasih tips-tips cara sukses buat cake ini.

Akhirnya aku niatin deh mau buat Blueberry Cheese Cake ala mba Ferona. kebetulan ada libur panjang 4 hari...di hari pertama nekat beli bahan-bahan + mixer (karna blom punya mixer selama ini pake kocokan tangan aja). Sampe rumah udah aga sore jadi istirahat sebentar deh...habis magrib baru mulai. Aga ribet karna maha mau ikut-ikutan tp ga ilang akal aku ajak aja dia untuk hancurin biskuit - siapa tau kalo dikasih tugas dia ga ngacak ke yg lain- tapi tetep gagal karna maha maunya yg pake mixer...ngambek trus dia nonton TV deh...*dalam hati bagus deh nonton TV aja biar bunda tenang ;D

Ini nih resep yang aku coba (kecuali topingnya aku mengarang bebas):

Blueberry Cheese Cake

Bahan:
250gr     Biskuit Milk Marie (aku pakai yg Monde)
100gr     Margarine lelehkan
210gr     Gula Pasir
4 btr     Telur
1 kg      Cream cheese (Elle n Vire)
300gr     Sour Cream (aku pakai 200gr YUMMY Sour cream + 100gr Plain Yogurt BIOKUL)
1 sdt     Air jeruk lemon
1 sdt     Kulit Jeruk lemot (parut)

Toping:
250gr     Selai Blueberry
100gr     Cream Cheese (sisa)
100gr     Unsalted butter (sisa)
2sdm      Simple sirup
1sdm      Gula halus

Cara Membuat:
- Siapkan loyang bongkar pasang uk 22cm (tapi aga ketinggian mungkin kalo pake yg ukuran 24cm lebih bagus )
- Hancurkan biskuit (aku si pake blender tapi kayanya pake tangan juga bisa ko) campur dengan mentega yang sudah dilelehkan, aduk rata dan ratakan di dasar loyang bopas dengan sedikit ditekan-tekan biar aga padat. Panggang dalam oven +/- 10 menit. angkat dan sisihkan.
- Kocok cream cheese hingga aga creamy (kata mba Ferona ini membantu supaya cakenya nanti aga tinggi dan ngga kempes) dan sisihkan.
- Kocok gula dengan telur hingga kental, masukan cream cheese dan sour cream secara bergantian, tambahkan air dan parutan kulit jeruk lemon.
- Tuang kedalam loyang diatas adonan biskuit, oven dengan cara Au Bain Marie [diletakkan di atas loyang yang sudah diisi air] selama 30 menit suhu 180°C lalu kecilkan api suhu 160°C oven lagi selama 60 menit. Matikan api biarkan dingin didalam oven.
- Setelah dingin tutup dengan plastik cling dan masukan dalam kulkas biarkan min 4 jam (kalo aku hampir semalaman dari jam 11 malam sampe jam 6 pagi)
- untuk toping kocok semua bahan kecuali selai blueberry, kocok sampai lembut (kalo mau lebih cantik mungkin boleh pilih butternya yang putih kalo aku kebetulan cuma ada yg kuning)
- oleskan selai blueberry diatas cake hias pinggirannya dengan cream (hiasan pinggiran lebih cantik lagi kalo ada potongan buah strawberry/ blueberry/ orange) masukan lagi dalam kulkas hingga siap dihidangkan.

Selamat mencoba....!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar